Doa Penuh Makna Menag RI Upacara HUT 76

Menteri Agama H Yaqut Cholil Quomas memimpin doa dalam peringatan HUT ke-76 RI di Istana.

Berikut doa yang dibacakan Menag di HUT Ke-76 RI:

Bismillāhirrahmānirrahīm. Alhamdulillāhirabbil ‘ālamin. Allāhumma shalli ‘alā Sayyidinā Muhammad wa ‘alā āli Sayyidinā Muhammad.

Ya Allah Ya Tuhan kami, Wahai Keindahan yang menciptakan sendiri segala yang indah. Wahai Pencipta yang melimpahkan sendiri segala anugerah.

Wahai Maha Pemurah yang telah menganugerahi kami negeri yang sangat indah dan bangsa yang menyukai keindahan.

Ya Allah yang telah memberi kami kemerdekaan yang indah. Demi nama-nama agung-Mu yang Maha Indah, demi sifat-sifat suci-Mu Yang Maha Indah, demi ciptaan-ciptaan-Mu yang serba indah, anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami, kepekaan menangkap dan mensyukuri keindahan anugerah-Mu, keindahan merdeka dan kemerdekaan, keindahan hidup dan kehidupan, keindahan manusia dan kemanusiaan, keindahan kerja dan pekerjaan, keindahan sederhana dan kesederhanaan. Keindahan kasih sayang dan saling menyayang, keindahan kebijaksanaan dan keadilan, keindahan rasa malu dan tahu diri, keindahan hati dan kerendahan hati, keindahan tanggung jawab dan harga diri.

Anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami mensyukuri nikmat anugerah-Mu dalam sikap-sikap indah yang engkau ridai, selamatkanlah jiwa-jiwa kami dari dari noda-noda yang mencoreng keindahan martabat kami.

Pimpinlah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami ke jalan indah menuju cita-cita indah kemerdekaan kami. Kuatkanlah lahir batin kami untuk melawan godaan keindahan-keindahan imitasi yang menyeret diri-diri kami dari keindahan sejati, kemanusiaan dan kemerdekaan kami.

Merdekakanlah kami dari belenggu penjajahan apa saja selain Allah, termasuk penjajahan diri kami sendiri. Kokohkanlah jiwa raga kami untuk menjaga keindahan negeri ini.

Ya Nuru, Ya Wahai Maha Cahaya di atas segala cahaya, pancarkanlah cahaya-Mu di mata pandangan kami, pancarkanlah cahaya-Mu di telinga dan pendengaran kami. Pancarkanlah cahaya-Mu di mulut dan perkataan kami. Pancarkanlah cahaya-Mu di hati dan keyakinan kami, pancarkanlah cahaya-Mu di pikiran dan sikap kami. Pancarkanlah cahaya-Mu di kiri dan kanan kami.

Pancarkanlah cahaya-Mu di atas dan bawah kami, pancarkanlah cahaya-Mu di dalam diri kami. Pancarkanlah cahaya-Mu ya Maha Cahaya, agar kami dapat menangkap keindahan ciptaan-Mu dan meresapinya, dapat menangkap keindahan anugerahmu dan mensyukurinya dapat menangkap keburukan jalan sesat setan dan menghindarinya. Pancarkanlah cahaya-Mu, Ya Maha Cahaya agar kami dapat menangkap keindahan kebenaran dan mengikutinya, dapat menangkap keburukan kebatilan dan menjauhinya. Agar kami menangkap keindahan kejujuran dan menyerapnya, dapat menangkap keburukan kebohongan dan mewaspadainya.

Pancarkanlah cahaya-Mu Ya Maha Cahaya. Sirnakan dan jangan sisakan sekelumit pun kegelapan di batin kami. Ya Allah kami berdoa dengan menyebut nama-nama indah-Mu seperti yang engkau perintahkan, maka kabulkanlah doa kami seperti yang Engkau janjikan.

Rabbanā ātinā fiddunya hasanah, wafil ākhirati hasanah, waqinā adzābannār. Walhamdulillāhirabbil ‘alamin.(*)

Simak Video Berikut Ini

Viral Doa Puitis Menag RI Upacara HUT 76
__Terbit pada
17 Agustus 2021
__Kategori
Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *