7 Ilmuan Muslim Paling Berpengaruh

Kyaiku.com – Islam telah melahirkan banyak  ilmuwan yang cukup hebat dalam berbagai bidang, seperti kedokteran, fisika, kimia, filsafat, astronomi, geometri dan banyak lagi.

Berikut ini daftar 7 tokoh ilmuwan muslim dengan bidang keahliannya yang terkenal:

1. Ibn Al-Haytham (965 – 1040).

Al-Haytam atau Alhazen adalah astronom Arab dan ahli matematika yang dikenal karena kontribusinya yang penting pada prinsip-prinsip optik dan penggunaan eksperimen ilmiah.

2. Ibn Zuhr (1091 – 1161).

Ibn Zuhr atau Avenzoar adalah dokter dan ahli bedah Arab yang terkenal dengan bukunya yang berpengaruh Al-Taisir Fil-Mudawat Wal-Tadbeer (Penyederhanaan Mengenai Terapi dan Diet).

3. Ibn Khaldun (1332 – 1406).

Ibn Khaldun adalah ahli sejarah dan sejarawan Arab yang mengembangkan salah satu filsafat sejarah nonreligius paling awal. Dia sering dianggap sebagai salah satu pelopor historiografi, sosiologi, dan ekonomi modern. Buku Muqqadimah adalah maha karyanya.

4. Ibn Al-Baitar (1197 – 1248).

Al-Baitar adalah ilmuwan, ahli botani dan tabib Arab yang secara sistematis mencatat penemuan-penemuan yang dibuat oleh para dokter Islam di Abad Pertengahan.

5. Abu Nasr Al-Farabi (872 – 950).

Ilmuwan yang satu ini dikenal juga sebagai Alfarabius. Dia adalah ilmuwan dan filsuf Arab, dianggap sebagai salah satu pemikir terkemuka di era abad pertengahan.

6. Al-Battani (858 – 929).

Albatenius adalah nama lain bagi Al-Battani. Dia adalah ahli matematika, ilmuwan, dan astronom Arab yang meningkatkan nilai untuk perhitungan panjang tahun dan musim.

7. Ibn Sina (980 – 1037).

Juga dikenal sebagai Avicenna. Filsuf dan ilmuwan Persia ini terkenal karena kontribusinya pada filsafat dan pengobatan Aristoteles.(*)

__Terbit pada
7 September 2021
__Kategori
Sejarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *