Adab Ketika Bertemu Anak Kecil

Anak kecil memang memiliki perilaku yang lincah dan tak jarang mereka pun tergolong tak bisa diam. Saat bertemu dengan orang dewasa pun terkadang mereka gemar berperilaku cuek tanpa memperdulikan orang dewasa yang mereka temui. Sebagai umat Islam, sebaiknya orang-orang dewasa juga tak ikut berperilaku cuek saat bertemu dengan anak kecil. Lalu apa yang seharusnya dilakukan oleh orang dewasa saat bertemu dengan anak kecil?
1. Jangan kasih makanan tanpa izin orang tuanya. Karena kita gak pernah tau mereka punya alergi sama apa, dan daya tahan tubuhnya seperti apa.
.
2. Jangan cium bagian bibir, krn orang dewasa bisa aja nularin penyakit yg mungkin tanpa sadar kita bawa.
.
3. Jangan bangunkan bayi yang sedang tidur, hanya karena gemas dan ingin bermain dengannya. Kita gak tau sudah sesusah apa ibunya berusaha menidurkan anaknya.
.
4. Jangan dengan sengaja membuat anak menangis dengan alasan lucu, gemas. Hal ini bisa berakibat buruk kepada psikologis anak. Yang paling ringan, mood anak bisa berantakan dan jadi rewel seharian. Kasihan ibunya.
.
5. Jangan menggelitik anak, ini bahaya bisa membuat anak kejang dan gak lucu sama sekali.
.
6. Selalu izin dan tanya orangtuanya terutama ibunya sebelum main dengan anak mereka, dan hargai penolakan orang tuanya jika mereka gak ngizinin. Karena yg paling tau anak mereka adalah orang tuanya, bukan kita. Kalo di tolak atau gak diizinin ortunya, gak usah julid, baper apalagi sampe ngatain ibunya. Setiap ortu punya cara mengasuh anaknya masing-masing.
.
Sumber : Sajak Islam & sdh kami tanyakan beberapa ahli, memang betul catatan di atas.
Fb/GusDewaMenjawab
__Terbit pada
4 Juni 2021
__Kategori
hikmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *