Kam. Des 1st, 2022
Mbah Bolong

Kala ngaji pada rutinan Seribu Rebana Jombang di halaman Masjid Mbah Buyut Sona, Kabuh, Sabtu (20/8/2022), Pengasuh PP Falahul Muhibbin, Watugaluh, Diwek, KH Nurhadi (Mbah Bolong), menjelaskan pentingnya berbakti kepada kedua orang tua.

’’Mendoakan orang tua adalah sebab hajat kita cepat dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala,’’ jelasnya.

Mbah Bolong lalu mengutip hadis Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam. Ketika seorang anak mau memintakan ampun atas dosa orang tuanya tiap usai salat, maka Allah SWT akan mengabulkan doa-doa si anak. Allah SWT juga akan mengampuni dosa orang tuanya. Walaupun si orang tua gemar berbuat dosa.

’’Makanya tiap usai salat, jangan lupa baca istigfar untuk orang tua,’’ saran Mbah Bolong.

Caranya dengan membaca; Astagfirullahal azim li wa liwa lidayya. Ya Allah ampunilah aku dan kedua orang tuaku.

’’Orang tua adalah surga dan neraka kita,’’ tuturnya.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam; Rida Allah SWT tergantung rida orang tua dan murka Allah SWT tergantung murka orang tua.

’’Kalau ada kesulitan dalam pekerjaan, evaluasilah hubungan kita dengan orang tua. Jangan-jangan kita kurang baik kepada orang tua, sehingga dalam pekerjaan ada masalah,’’ terangnya.

Mbah Bolong cerita punya teman buka showroom mobil. Mobilnya banyak dibawa orang tidak kembali. Sehingga dia bangkrut. Orang ini lantas sowan Mbah Bolong. ’’Ketika saya tanya, ternyata dia lama tidak akur dengan orang tuanya,’’ kenang Mbah Bolong.

Mbah Bolong lalu menyuruhnya salat Duhur. Kemudian diantar sowan kepada orang tuanya. ’’Orang tuanya sampai menangis lihat anaknya mau datang ke rumah dan sowan minta maaf,’’ bebernya.

Sejak itu, usaha si anak akhirnya berjalan lancar. ’’Saking lancare, akhire ke rumah saya lagi membawakan persenan,’’ ucap Mbah Bolong.

Baca Juga  Hati Hati Kantong Bocor

Rasulullah Muhammad sallallahu alaihi wa sallam berdalam; Rugi sekali anak yang masih punya orang tua, namun tak bisa memasukkan ke surga. Sebab jika si anak mau berbakti kepada orang tua, sehingga orang tuanya rida, maka anak itu pasti masuk surga.

’’Diantara cara berbakti kepada orang tua adalah selalu mendoakan orang tua tiap usai salat,’’ jelasnya.

Mugi Allah subhanahu wa ta’ala paring kita saget ngelampahi

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *