SETAN

SETAN KURUS

Saat ngaji dalam Lailatul Ijtima Ranting NU Candimulyo edisi 178 di Musala Al Barokah Candimulyo, Kamis (2/9/2021), Wakil Rois Syuriyah PCNU Jombang KH Muhammad Soleh, menjelaskan keutamaan bismillah. “Rasulullah Muhammad sollallahu alaihi wa sallam bersabda; Setiap perkara yang diawali bismillah akan berkah,” tuturnya.

Berkah itu bertambah kebaikannya. Sebelum makan baca bismillah. Maka setelah makan akan semangat ibadah.

Sebelum minum baca bismillah. Maka setelah minum akan semangat ibadah.

Gus Baha dawuh; Gpp sesekali nuruti keinginan nafsu, yang penting dikendarai untuk kebaikan.

Misalnya kepuingin makan sate. Dituruti makan sate gpp. Tapi habis itu dipakai ibadah. Misalnya baca Quran satu juz. Baca salawat seribu kali. Salat tasbih. Atau melaksanakan tugas malam jumat.. hehe

Kiai Soleh cerita, setiap setan punya tugas yang jelas. Misalnya setan A, B, C ditugaskan menggoda si Fulan. Maka setan itu akan terus nempel si Fulan.

Setan yang ditugaskan menggoda orang yang rajin baca bismillah, akan sangat kurus. Se kurus manuk emprit.

Ini karena setiap akan melakukan sesuatu, orang itu selalu baca bismillah. Sehingga setan tak bisa ikut. Mau makan, minum, jima, baca bismillah. Setan akhirnya gak bisa ngewangi sehingga kurus.

Setan yang bertugas menggoda orang yang tidak pernah baca bismillah akan gemuk sak unto. Orang itu makan, setan ikut makan. Orang itu minum, setan ikut minum. Orang itu jima, setan ikut andil.

Mbah Bolong pernah cerita; Klo nggawene anak gak moco bismillah, maka setan akan ikut titip saham. Sehingga dadine anak uwangel diajak keapikan..

“Jadi jangan menyalahkan anaknya, wong pancen biyen nggawene direwangi setan,” kata Mbah Bolong.. hehe

Kiai Soleh menyampaikan, bismillah boleh dibaca ditengah-tengah aktivitas. Misalnya ditengah makan baru ingat belum baca bismillah. Maka bisa baca bismillah dengan lafad; Bismillahirrahmanirrahim awwalahu wa akhirohu. Jadi ada tambahan awwalahu wa akhirohu.

Ketika kita membaca itu ditengah makan, maka setan akan langsung memuntahkan makanan yang tadi dia ikut makan sama kita.

“Sebelum wudu juga disunahkan baca bismillah. Tapi jika wudu di kamar mandi yang ada WC nya, maka bacanya cukup di batin. Tidak usah dibunyikan,” pesan Kiai Soleh.

Bismillah juga bisa mbungkem orang yang gemar ngerasani.

Rasulullah Muhammad sollallahu alaihi wa sallam bersabda; Orang yang sebelum duduk dan sebelum berdiri di suatu majelis selalu baca; Bismillahirrahmanirrahim – wa sallallah ala sayyidina Muhammad wa ala alihi wa sahbihi wa sallam.

Maka malaikat akan mbungkem orang-orang yang hendak ngerasani dirinya..

Sing mbungkem lho malaikat. Ini yang bahaya. Mbungkeme kebanteran dikit aja, mulut yang ngerasani bisa petor.. hehe

Mugi Allah subhanahu wa ta’ala paring kita saget istiqamah ngakeh-ngakehno baca bismillah..

__Terbit pada
10 September 2021
__Kategori
Amalan, hikmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *