Amaliyah Rebo Wekasan

Rebo wekasan itu adalah rebo akhir pada bulan sAfar, dikabarkan ada sebagian kalangan sufi yang mendapatkan pencerahan adiluhur bahwa ada turun sekian banyak bencana pada rebo akhir di bulan safar.

Setuju atau tidak tradisi menghidupkan rebo wekasan itu sudah berjalan lama di nusantara,

sebagian yang mempercayai ada kalangan yang melakukan sholat menolak bala (sholat hajat) Sedangkan yang tidak percaya tetap berdoa untuk keselamatan.

para ulama berbeda pendapat:
Menurut ulama Dzahir, rabu wekasan tidak terjadi apa², sama dengan hari rabu² yg lain.
Menurut ulama Ahli bathin atau dalam kitab klasik disebut Ahil Kasyaf. Di hari itu turun 320.000 bala’, maka dianjurkan untuk shalat sunnah 4 Rakaat dengan tata cara sebagaimana berikut:
– Niat shalat tolak bala’ atau bisa juga sunnah mutlaq.
– Rakaat pertama membaca Al Fatihah, kemudian membaca surat Al-Kautsar 17 x.
– Rakaat kedua, setelah Al Fatihah dilanjutkan surat Al-Ikhlas 5 x.
– Rakaat ketiga, setelah Al Fatihah kemudian surat Al-Falaq 1 x.
– Rakaat keempat membaca Al Fatihah yang dilanjutkan surat An-Nas 1 x
– Kemudian berdoa,
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ اِكْفِنِيْ مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ يَا مُحْسِنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ يَا مَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا أَنْتَ اِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ اللهم بِسِرِّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِيْهِ وَأُمِّهِ وَبَنِيْهِ اِكْفِنِيْ شَرَّ هَذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِيَ الْمُهِمَّاتِ يَا دَافِعَ الْبَلِيَّاتِ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ تَعَالىَ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ الِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
¤ Catatan:
~ Jika tidak mampu maka perbanyaklah sedekah dihari itu. Jika tidak mampu lagi maka wiridan apa saja, dgn niat mendekatkan diri kepada Allah Swt.
__Terbit pada
5 Oktober 2021
__Kategori
Amalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *