sedekah. (foto: THE PENINSULA QATAR)

Anjuran Sedekah Di Bulan Ramadan

Salah satu amalan yang di anjurkan dalam islam adalah sedekah, terlebih dibulan ramadan bukan seberapa besar sedekah yang diberikan tetapi keikhlasanlah yang bernilai tinggi.

Memperbanyak sedekah di bulan ramadan adalah amalan yang sangat mulia bahkan Rosululloh saw telah memberikan tauladan.

dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim dijelaskan:

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ (أَجْوَدَ) مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ

Rasulullah SAW adalah orang paling murah hati. Ia semakin murah hati di bulan Ramadhan. (HR Bukhari dan Muslim).

Oleh karena itu, para ulama menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak sedekah dan berbuat baik secara umum. Pasalnya, ganjaran kebaikan di Bulan Ramadhan dilipatgandakan:

ومبادرته لإكثار الصدقة لأنه صلى الله عليه وسلم كان أجود ما يكون في رمضان، وبالجملة فيكثر فيه من أعمال الخير لأن العمل يضاعف فيه على العمل في غيره من بقية الشهور

(Orang berpuasa) dianjurkan segera memperbanyak sedekah karena Rasulullah SAW adalah orang paling murah hati di Bulan Ramadhan. Seseorang dapat melakukan kebaikan secara umum karena ganjaran amal kebaikan apapun bentuknya akan dilipatgandakan dibandingkan ganjaran amal kebaikan yang dilakukan di luar bulan Ramadhan.
Sumber: Hasyiyatul Baijuri juz I, hal 562.

sebagai umat islam alangkah baiknya mengikuti sunnah sunnah nabi yang salah satunya sangat di anjurkan dibulan ramadan ini.(Wallahu a‘lam)

__Terbit pada
17 April 2021
__Kategori
hikmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *