Awal Mula Kalimat “Gitu aja kok repot”

Kristiarto memiliki memori yang tidak akan ia lupakan ketika bertemu Gus Dur di Negeri Kanguru. Kala itu, Kristiarto masih menjabat sebagai Wakil Dubes di Australia. Ia menanyakan alasan Gus Dur kerap melontarkan kalimat “Gitu aja kok repot.”

“Kita itu sering kali direpotkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan upaya kita bersama untuk membangun bangsa dan negara ini. Kita malah direpotkan dengan hal-hal yang justru tidak esensial dan kemudian hal tersebut menimbulkan konflik di antara kita sendiri,” kata Kristiarto menirukan kalimat Gus Dur dalam diskusi virtual dengan topik “Annual Gus Dur Memorial Lecture 2020: Gus Dur dan Perdamaian Bangsa”, yang digelar Sabtu (19/12/2020) lalu.

Ketika itu Gus Dur mengatakan sulit untuk menciptakan perdamaian di tingkat bangsa dan negara bila kita tidak berdamai dengan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. Kristiarto bahkan kerap diingatkan, bahwa Indonesia adalah bangsa yang luar biasa.

Mbok¬†ya kita itu jangan direpotkan dengan hal-hal kecil. Sehingga kita bisa fokus pada tugas sebagai warga negara,” tutur diplomat senior di Kementerian Luar Negeri itu.

Ia menilai, Gus Dur merupakan penganut paham pluralisme dan perdamaian. Maka tak heran apabila Gus Dur dikagumi oleh banyak orang.(*)

__Terbit pada
27 Mei 2021
__Kategori
Quotes, Sejarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *