bil hikmah

Dakwah bil hal (tingkah laku) langsung memberi contoh

Dakwah bil hikmah dan dakwah bil hal inilah yang dilakukan oleh Rasulullah yang kemudian dicontoh oleh para wali dalam menyiarkan Islam di Nusantara ini. Para wali mampu menformulasikan metode yang tepat sehingga dakwahnya mampu diterima oleh bangsa Indonesia.

“Para wali sangat bijak dalam berdakwah dengan memperhatikan budaya dan pola pikir masyarakat yang ada,” jelasnya. Ia pun memberi contoh para wali yang berdakwah menggunakan wayang sebagai media.

Buktinya, metode ini sangat ampuh mengislamkan masyarakat di Nusantara ini. Dengan memasukkan unsur-unsur budaya yang dipadu dengan nilai-nilai agama, media wayang menjadi daya tarik tersendiri dalam berdakwah ala wali songo.

seperti yang di sampaikan di nu online bahwa Rasulullah SAW adalah sosok mulia yang harus diteladani oleh seluruh umat Islam di dunia. Ia adalah seorang nabi yang tidak hanya mampu memberikan contoh, namun juga mampu menjadi contoh melalui kemuliaan akhlaknya.

Suri tauladan yang dicontohkan Rasulullah SAW di antaranya adalah kemampuannya berdakwah dengan hikmah yang sukses menjadikan umat jahiliyyah menjadi umat yang beradab.

__Terbit pada
16 November 2020
__Kategori
hikmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *