sholat

Datang Bulan, Tapi Belum Sholat

Pertanyaan :

Jika waktu shalat dhuhur sudah masuk, kemudian seorang perempuan mengatakan dalam hatinya, nanti saja jam satu saya akan sholat dhuhur, namun setelah seperempat jam tiba-tiba dia mengeluarkan darah haidl, apa yang harus dia lakukan?

Jawaban :

Haram bagi perempuan tersebut untuk melakukan shalat dhuhur tersebut dan wajib baginya untuk mengqodlo shalat dhuhur tersebut setelah berhentinya darah tersebut.

👆Karena waktu seperempat jam itu cukup untuk melakukan sholat.
🌼 Kaidah mengatakan: “Apabila al maani’ datang setelah waktu shalat masuk dan telah berlalu sekira cukup untuk mengerjakan shalat, namun dia belum melaksanakannya maka dia wajib untuk mengqodlo shalat yang belum dia kerjakan tersebut setelah hilangnya maani’.

👆Kaidah ini adalah untuk selain orang yang memiliki dlorurah.
👆Adapun bagi seseorang yang memiliki dlaruroh seperti penyakit salas (beser) dan istihadloh maka kaidahnya ditambah ‘apabila berlalu waktu cukup untuk bersuci dan shalat’, bukan hanya cukup untuk shalat.

👆Karena bagi orang yang memiliki dlorurah bersucinya harus dilakukan setelah masuk waktu shalat, tidak bisa dilakukan sebelum masuk waktu sholat.
🍎Al maani’ adalah sesuatu yang bisa menghalangi seseorang melaksanakan shalat seperti haidl, nifas dan gila.

والله اعلم بالصواب
#LDNU KAB KEDIRI

__Terbit pada
26 Mei 2021
__Kategori
Fiqih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *