Dongkrak Ekonomi Era Pandemi, Pengurus Baru HPN Jombang Ajak Pengusaha NU Kolaborasi

NU Jombang Online,

Kolaborasi antara pengusaha dengan pengusaha yang lain harus terjalin demi bangkitnya perekonomian di era pandemi yang semakin sulit. Pengusaha Jombang, termasuk juga pengusaha muda NU yang baru meirintis usaha harus bahu membahu untuk bangkit dalam meningkatkan perekonomian sekalipun pandemi covid-19 masih bercokol di negeri ini.  Hal itu dikatakan kata Abdul Hanan Majdi yang baru saja dinobatkan menjadi ketua pimpinan cabang Himpunan Pengusaha Nahdliyin (PC HPN) Kabupaten Jombang di Balai Tani, Bareng Jombang. Sabtu malam (12/6).

Pria yang akrab disapa Gus Hanan ini mengatakan, pandemi Covid-19 menyebabkan seluruh pelaku usaha termasuk termasuk Usaha Menengah Kebawah dan Mikro (UMKM) khususnya di Kabupaten Jombang merasakan omset yang menurun. Bahkan, banyak pula yang gulung tikar karena daya beli masyarakat yang menurun. Karena itu, menurutnya, penting untuk terjadi kolaborasi antar pengusaha.

“Para pelaku UMKM adalah ujung tombak roda perekonomian masyarakat kecil yang harus kita dorong terus menerus agar tercipta kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Tak hanya itu Gus Hanan juga mengajak para pengusaha untuk saling topang satu sama lain di era pandemi ini demi membangkitkan ekonomi bersama. karena, tanpa hal itu akan sulit mencapai kebangkitan ekonomi secara menyeluruh di era pandemi.

“Bentuk kolaborasinya bisa beragam. Bisa jadi saling bertukar strategi untuk saling support. Sharing antar pengusaha bisa dilakukan dengan bertukar jaringan, cara memasarkan hingga urusan permodalan,” paparnya.

Dalam kepengurusan HPN Jombang yang baru, ada tiga sektor yang akan dibenahi untuk membangkitkan perekonomian di era pandemi Covid-19. Diantaranya adalah, sektor UMKM, Ekonomi Syariah dan Industri Kreatif.

“Dalam kepengurusan yang baru ini, kami akan fokus pada 3 sektor yang menjadi problematika masyarakat saat ini,” ujar Gus Hanan. Pengusaha yang juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Annajiyah Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang ini optimis dengan adanya kolaborasi antar pengusaha di HPN Jombang akan mampu mendongkrak dan memulihkan ekonomi di era pandemi Covid-19.

Hadir dalam musyawarah pembentukan kepengurusan baru PC HPN Jombang, Perwakilan PW HPN Jawa Timur, Dewan Pembina HPN Jombang, Moch Syarif Hidayatullah (Gus Sentot), calon pengurus HPN Jombang dan para pengusaha Nahdlatul Ulama di Jombang.

Pewarta: Rohmadi

Editor: Fitriana

Sumber : Jombang.nu.or.id

__Terbit pada
13 Juni 2021
__Kategori
Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *