Gandeng Dinkes, Fatayat NU Ujungpangkah Gresik Gelar Operasi Katarak Gratis

Gresik, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Ujungpangkah, Gresik memberikan layanan operasi katarak mata gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik dan Klinik Mata Utama (KMU) Gresik Kota Baru.

Secara simbolis kegiatan itu dibuka langsung oleh Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani bersama Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Gresik, drg Saifudin Ghozali. Acara dipusatkan di Halaman SMA Al-Muniroh, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Selasa (15/06/2021).

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat Gresik bisa sehat dan bugar serta organ mata tetap terlindungi.

“Ini merupakan program kolaborasi yang baik antara pemerintah dan lembaga masyarakat serta klinik mata. Semoga kegiatan ini bermanfaat,” kata Gus Yani, sapaan akrabnya.

Kadinkes drg Saifudin Ghozali menyatakan, mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Sedang penyakit katarak merupakan salah satu penyebab utama kebutaan. Dengan alasan itu, pihaknya menggelar layanan operasi katarak.

“Semua layanan ini gratis, mulai screening hingga kontrol tidak dipungut biaya,” ungkap drg Saifudin.

Dirinya pun menerangkan, operasi katarak mata memerlukan waktu yang lama. Untuk tahap awal seseorang terlebih dahulu dilakukan screening sebanyak dua kali. Kemudian dilakukan operasi, dan kontrol pasca operasi sebanyak dua kali pula.

Lebih lanjut, drg Saifudin mengatakan, screening pertama akan dilaksanakan di Klinik Mabarot NU, Puskesmas Ujungpangkah, dan Puskesmas Sekapuk. Kemudian, screening kedua, tindakan operasi, serta kontrol pasca operasi dilaksanakan di Klinik Mata Utama (KMU) Gresik Kota Baru.

“Semoga kegiatan kolaboratif semacam ini terus terjaga. Semoga operasi ini bisa membawa kemanfaatan dan keberkahan. Terimaksih kepada Bapak Bupati, Fatayat NU Ujungpangkah, dan KMU Gresik Kota Baru atas dukungannya yang luar biasa,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PAC Fatayat NU Ujungpangkah, Jazilah menambahkan, antusiasme masyarakat untuk mengikuti operasi katarak mata sangat tinggi. Mereka senang karena layanan ini gratis dan bisa menjangkau masyarakat di tingkat bawah.

Selain mengikuti operasi katarak, Jazilah menuturkan, tidak sedikit masyarakat yang hanya periksa mata. Selain gratis, para tenaga medis juga tampak profesional dan bagus dalam memberikan pelayanan.

“Sedikitnya 50 warga mengikuti program operasi katarak gratis ini. Semoga program bakti sosial kolaborasi dengan Dinkes Gresik ini dapat bermanfaat bagi semua,” pungkasnya.

Editor: A Habiburrahman

Sumber : jatim.nu.or.id

 

__Terbit pada
16 Juni 2021
__Kategori
Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *