salaman

Hukum Berjabat Tangan Dengan Orang Lanjut Usia Lain Jenis

Assalamualaikum Wr Wb

Kepada Pengasuh tanya jawab Kyai.com, Mohon minta keterangan tentang hukum salaman selain mahram terhadap seorang yang sudah lanjut usia.

Wa ‘Alaikum Salam Wr Wb

kepada penanya dan jamaah yang semoga dirahmati Alloh.

Menurut jumhur (selain syafii) boleh mushofahah (berjabat tangan) dengan wanita tua yang tidak dimungkinkan adanya syahwat dan fitnah, berbeda dengan madzhab syafii tetap haram secara mutlak, selama tidak adanya khail (penghalang) baik berupa kain atau sesuatu yg lain.

Artinya, “Jabat tangan dengan perempuan haram berdasarkan sabda Rasulullah SAW, ‘Aku tidak berjabat tangan dengan perempuan,’ (HR Al-Muwaththa’, At-Tirmidzi, dan An-Nasa’i). Tetapi mayoritas ulama selain madzhab Syafi’I membolehkan jabat tangan dan sentuh tangan perempuan tua yang tidak bersyahwat karena tidak khawatir fitnah. Hanya saja Madzhab Hanbali memakruhkan jabat tangan dengan perempuan dan melarang keras termasuk dengan mahram. Tetapi Madzhab Hanbali membolehkan jabat tangan bagi seorang bapak dengan anaknya dan membolehkan jabat tangan perempuan tua–maaf–buruk rupa,” (Lihat Syekh Wahbah Az-Zuhayli, Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh, Beirut, Darul Fikr, cetakan kedua, 1985 M/1405 H, juz 3, halaman 567).

__Terbit pada
14 November 2020
__Kategori
Fiqih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *