Ini 5 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Syawal

Bulan Syawal tiba setelah selesai berpuasa di bulan Ramadan, umumnya umat muslim di seluruh dunia akan bersukacita menyambut Idulfitri.

setiap tanggal 1 Syawal, setiap muslim dianjurkan untuk bergembira sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah Swt atas segala karunianya.

Salah satu wujud terima kasih itu salah satunya adalah dengan mengetahui sejarah Islam sebagai bahan pelajaran. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas sejumlah peristiwa bersejarah di bulan Syawal yang harus kita ketahui.

Apa sajakah peristiwa itu? Berikut uraiannya:

1. Perang Uhud

Perjalanan Islam tidak bisa dilepaskan dari peperangan, mengingat kala itu tantangan keras dari orang-orang yang memusuhi Islam begitu mengancam keselamatan.

Perang Uhud terjadi pada bulan Syawal tahun ke-3 setelah peristiwa hijrah. Hanya saja pada perang tersebut, umat muslim harus mengakui kekalahan atas kaum musyrikin karena lengah dan terlena terhadap harta rampasan.

Peristiwa ini diabadikan Allah dalam Surah Ali Imran ayat 121 yang artinya:

“Dan (ingatlah), ketika kamu berangkat pada pagi hari dari (rumah) keluargamu akan menempatkan para mukmin pada beberapa tempat untuk berperang. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Ali Imran: 121).

2. Kelahiran Imam Bukhari

Imam Bukhari merupakan perawi hadis Nabi terbanyak yang dilahirkan pada bulan Syawal. Berkat karyanya Sahih Bukhari, ia menjadi salah satu ulama yang sangat berjasa di dunia Islam.

3. Disunahkannya puasa selama 6 hari

Pada bulan Syawal, Rasulullah saw pernah mengajarkan kepada umatnya agar berpuasa selama enam hari dimulai tanggal 2 Syawal.

Terkait dengan tata caranya, para ulama ada yang berpendapat enam hari tersebut sebaiknya dilakukan berturut-turut, tetapi ada pula yang mengatakan tidak harus berturut-turut asalkan masih di bulan Syawal.

Dalam sebuah hadis dari Abu Ayyub Al-Anshari dikatakan, “Barang siapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim).

4. Pernikahan Nabi Muhammad saw

Pada bulan Syawal, Nabi Muhammad saw menikah dengan Siti Aisyah. Selain itu, pada bulan ini pula Rasulullah juga menikah dengan Ummu Salamah.

Dari pengalaman Rasulullah tersebut, bulan Syawal juga dianggap sebagai bulan baik untuk menikah.

5. Perang Hunain

Perang Hunain adalah perang yang dimenangkan oleh umat muslim dan terjadi pada bulan Syawal tahun ke-8 Hijriyah. Ketika itu, umat muslim dibawah kepemimpinan Nabi Muhammad saw harus berhadapan dengan suku Hawazin dan suku Tsaqif. Setidaknya, 12 ribu pasukan muslim dikerahkan untuk menegakkan panji-panji agama Allah ini.

Itu tadi lima peristiwa bersejarah umat Islam yang harus kita ketahui. Semoga kejayaan Islam selalu bisa kita pertahankan.

Wallahu a’lam.(*)

__Terbit pada
27 Mei 2021
__Kategori
Sejarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *