Foto Taliban 2019

Ini Dampak Kemenangan Taliban di Afganistan

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sebagai wadah pemersatu umat, menggelar diskusi publik membahas terkait dengan kemenangan Taliban di Afganistan. Diskusi tersebut dihadiri oleh pembicara yang secara keilmuwan serta pengalaman berada pada ranah tersebut.

Hadir, KH As’ad Said Ali (Wakil Ketua Umum PBNU 2010-2015), Zacky Khoirul Umam (Pemerhati Dunia Islam), dan Nasir Abbas (Mantan JI).

Nasir Abbas yang merupakan mantan JI menjelaskan terkait dengan budaya orang Afghanistan dimana sangat kuat akan pemahaman Hanafinya. Sehingga jika ada orang yang cara ibadahnya berbeda , maka akan di cap sebagai wahabi.

“Kekacauan mereka ini sebenarnya kekacauan politik dan ideologi,” tutur Nasir Abbas dalam dialog tersebut, Kamis (19/8).

Dalam dialog yang digelar oleh PBNU tersebut, KH. As’ad mempertanyakan terkait dengan apakah pemerintah akan eklusif melibatkan banyak pihak, apakah HAM terhadap perempuan ditegakkan, serta pelepasan tahanan yang ada di Afghanistan.

“Yang saya belum dengar adalah sikap ekslusif dari Al Qaeda dan ISIS,” tuturnya.

“Ketika Mujibil menjabat di pemerintahan, Amerika meminta 15 pangkalan militer, Inggris minta 3 pangkalan militer, umtuk mengincar tambang-tambang yang ada di Afghanistan, terutama minyak,” jelas Kiai As’ad Said Ali.

Dengan perkembangan ini masyarakat Indonesia harus tetap membuka mata untuk tetap peduli dengan isu-isu yang terjadi secara internasional sebagai bahan evaluasi untuk negeri sendiri, selain itu ajang untuk menjaga ketentraman Negara Indonesia.

Keterangan Foto:
Kunjungan 8 orang Taliban, dipimpin wakil komandan Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar di PBNU Jakarta, Selasa 30 Juli 2019

__Terbit pada
21 Agustus 2021
__Kategori
Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *