wali. (gohijrah)

Ini Sifat Ahli Syurga

ﻗَﺎﻝَ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ﺃَﻻَ ﺃُﺧْﺒِﺮُﻛُﻢْ ﺑِﻤَﻦْ ﺗُﺤَﺮَّﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ؟ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﺑَﻠَﻰ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻫَﻴِّﻦٍ، ﻟَﻴِّﻦٍ، ﻗَﺮِﻳﺐٍ، ﺳَﻬْﻞٍ

Rasulullah Saw. bertanya kepada para sahabat: Maukah kalian aku tunjukkan orang diharamkan (tersentuh api) Neraka?Para sahabatpun menjawab: Iya, wahai Rasulallah.Maka beliau bersabda: Orang yang Hayyin, Layyin, Qorib, Sahl. (Hr. At Tirmidzi dan Ibnu Hiban)

1. Hayyin Orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan dzahir maupun batin, tidak labil dan gampang marah dalam segala hal, semua yg dilakukan penuh pertimbangan. Tidak mudah memaki, melaknat dan mengamuk tersulut berita yang sampai padanya.

2. Layyin Orang yang lemah lembut, baik dalam bertutur-kata atau berbuat, tidak semaunya sendiri, segalanya tertata rapi. Tidak suka marah orang yang berbeda pendapat denganya. Dan diapun selalu menginginkan kebaikan untuk saudaranya sesama muslim.

3. Qorib Ramah saat diajak bicara, menyenangkan bagi yang mengajak bicara, tidak cuek-bebek. Murah senyum jika bertemu, dan wajahnya berseri-seri dan enak dipandang. Orang dengan sifat ini biasanya mudah untuk diajak berteman.

4. SahlOrang yang gampangan, tidak mempersulit sesuatu. Selalu menemukan solusi dalam segala problem. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan membuat orang lain lari dan menghindar.Keempat lafadz diatas memiliki makna yg hampir sama, namun berbeda dalam penerapannya.

Keempat lafadz diatas memiliki makna yg hampir sama, namun berbeda dalam penerapannya.

Semoga artikel ini menambah wawasan keilmuan kita.(*)

Wallahu a’lam

Sumber: Gus Dewa Menjawab

__Terbit pada
28 Maret 2021
__Kategori
Khutbah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *