mbah hasyim

MBAH MUL

Saat ngaji dalam tujuh hari meninggalnya Rois Syuriyah Ranting NU Candimulyo, KH Mulyono Abdul Karim (Mbah Mul), Rabu (4/11/2020), Ketua MWC NU Jombang Kota, KH Asyharun Nur menceritakan sejumlah kebaikan almarhum. “Rasulullah Muhammad sollallahu alaihi wa sallam dawuh, ada tiga amal anak Adam yang tidak putus walau pun telah meninggal dunia. Mbah Mul punya ketiga-tiganya,” tuturnya.

Pertama, sedekah jariyah. “Mbah Mul ini banyak sedekah nya. Nyumbang masjid musala dimana-mana,” jelasnya.

Kiai Harun mengenal Mbah Mul sejak masih tinggal di Sumberwinong Banjardowo. Sebelum pindah ke Candimulyo, Mbah Mul pengurus NU Banjardowo. “Mbah Mul juga pernah jadi wakil ketua MWC,” ungkap nya.

Meski sudah pindah ke Candimulyo, Mbah Mul masih ngopeni masyarakat nya di Sumberwinong. “Saya pernah diajak kesana,” kata Kiai Harun.

Soal sedekah, saya juga menyaksikan kedermawanan Mbah Mul. Saat manakiban di Masjid Al-Haq, biasanya ada kotak infak seikhlasnya. Setiap pertemuan diharapkan dapat infak minimal Rp 400rb. Kalau infak yang didapat kurang dari itu, biasanya langsung ditutup oleh Mbah Mul.

Tiga tahun terakhir di Candimulyo ada kaleng koin upzis NU. Di rumah Mbah Mul juga ditaruh kaleng. Kalau kaleng sudah penuh, beliau mesti telepon minta agar diambil.

Kedua, ilmu yang manfaat. “Mbah Mul sangat rajin ikut pengajian. Dan banyak ngisi ngaji,” kata Kiai Harun.

Mbah Mul sering cerita, beliau aktif ikut ngaji di Kiai Irfan Soleh Tambakberas setiap Minggu malam.

Kata Kiai Harun, Mbah Mul juga aktif ngaji di Kiai Jamal Senin Malam dan di Kiai Nasir Jumat malam.

Selama pandemi korona, beliau juga ngisi ngaji di rumah nya. Ngaji kitab Durrotun Nasihin dan Daqoiqul Ahbar dua Minggu sekali yang diikuti bapak-bapak.

Yang saya amalkan dari beliau adalah salat mendoakan anak agar saleh salehah. Salat empat rakaat. Dua rakaat salam, dua rakaat salam.

Rakaat pertama usai Fatihah baca ayat ini 10 kali.

QS al- Baqarah ayat 128:

Rakaat kedua usai fatihah baca ayat ini 10 kali.
QS Al ahqaf 15

Rakaat ketiga usai fatihah baca ayat ini 10 kali.
QS Ibrahim 40

Rakaat keempat usai fatihah baca ayat ini 10 kali.
QS Al Furqon 74

Dimasa Mbah Mul jadi Rois Syuriyah, Ranting NU Candimulyo merintis pengajian keliling masjid musala setiap Kamis. Alhamdulillah sejak dimulai September 2017 sampai sekarang masih jalan.

Ketiga, anak saleh yang mendoakan. Mbah Mul punya enam anak yang semuanya sekolah dilingkungan pondok.

Anak pertama bernama Anis dulu mondok di Pacul Gowang. Sekarang merintis Pesantren di Banjarmasin Kalimantan.

“Mbah Mul sedo pada hari baik. Tanggal 13 Rabiul Awal usai maulid dan hari nya Kamis malam Jumat. Mbah Mul tiyang sae dan saya yakin husnul khatimah,” ucap Kiai Harun..

__Terbit pada
24 November 2020
__Kategori
hikmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *