mbah sholehh

Menikmati Sholawat

Saat Lailatul Ijtima Ranting NU Candimulyo edisi 179 di Musala Baiturrohim Sidobayan Dalam Kamis (9/9/2021), Wakil Rois Syuriyah PCNU Jombang, KH Muhammad Soleh, menjelaskan keutamaan salawat. “Rasulullah Muhammad sollallahu alaihi wa sallam suatu hari didatangi malaikat Jibril. Jibril berkata; Orang yang bersalawat kepada Nabi didoakan oleh 70 ribu malaikat,” tuturnya.

Ketika malaikat mendoakan, maka Allah juga mendoakan. Ketika Allah mendoakan, maka semua yang ada di langit dan bumi juga ikut mendoakan.

“Makanya kegiatan NU seperti ini diawali salawat. Agar didoakan oleh 70 ribu malaikat,” ungkapnya.

Sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah Muhammad sollallahu alaihi wa sallam; Untuk orang yang bersalawat satu kali, Allah membalas salawat 10 kali. Apakah itu bagi orang yang baca salawat nya khusyuk dan dengan hati hadir?

Rasulullah menjawab; itu untuk orang yang bersalawat dengan hati lupa, tidak khusyuk.

Sedangkan orang yang bersalawat dengan hati khusyuk, pahalanya hanya Allah yang tahu. Saking gedenya pahalane.

Syekh Sya’rowi pernah mengajak anak-anak nya membaca salawat dengan mata terpejam. Mulut nya bersalawat, pikiran nya bersalawat, hatinya bersalawat. Ruhnya bersalawat. Jiwanya bersalawat.

Ditengah salawat, ada anaknya yang membuka mata. Melihat Syekh Sya’rowi menjulurkan lidah, lalu memasukkan nya. Seperti sedang minum.

Buyar salawat, anaknya bertanya; Abah, tadi kenapa disela salawat kok menjulur kan lidah kemudian memasukkan nya. Seperti sedang minum.

Syekh Sya’rowi menjawab; Aku bersalawat dengan lisan, pikiran, hati, ruh dan jiwa.

Lalu Rasulullah datang memberiku minum susu dengan kedua telapak tangan nya..

Pengalaman spiritual seperti dialami Syekh Sya’rowi itulah yang membuat Jam’iyyah Salawat Seribu Rebana dirindukan jamaah.

Setiap rutinan Sabtu malam Ahad Wage, ribuan jamaah memejamkan mata.
Dan mengikuti baca salawat dengan lisan, pikiran dan hati. Sehingga merasa kan kenikmatan tiada tara bersama Rasulullah Muhammad sollallahu alaihi wa sallam..

Mugi Allah paring kita bisa istiqamah banyak baca salawat..

__Terbit pada
18 September 2021
__Kategori
Amalan, hikmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *