NU Online Gelar Kompetisi Film Pendek, Ini Ketentuannya

Jakarta, NU Online

Memeriahkan ulang tahun ke-18, situs resmi PBNU, NU Online bakal menggelar Kompetisi Film Pendek kategori fiksi dan dokumenter bertema Pulihkan Alam, Pulihkan Kemanusiaan. Durasi film 7-13 menit. Kompetisi ini bersifat umum untuk seluruh warga Indonesia.

Kompetisi film pendek yang digelar atas kerja sama dengan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) ini tidak dipungut biaya atau gratis dan memiliki beberapa ketentuan yang mesti diperhatikan.

Peserta diperbolehkan untuk mengirim maksimal dua karya dan bebas memilih kategori baik dokumenter maupun fiksi. Peserta wajib memperhatikan hak cipta (copyright) ketika memilih video, gambar, musik, atau instrumen.

Karya yang dikirim adalah orisinil, bukan hasil jiplakan atau mengambil sebagian hak cipta orang lain. Selain itu, belum pernah pula diikutkan dalam perlombaan lain. Karya yang diikutkan dalam kompetisi ini tidak boleh melanggar hak kekayaan intelektual (HAKI) dan tidak mengandung unsur pornografi, serta sentimen Suku Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

Film bisa dalam bahasa Indonesia, daerah, atau bahasa asing tetapi harus memiliki teks bahasa Indonesia serta harus mengandung nilai NU Online serta harus mengandung value (nilai) NU Online dan BRGM. Seluruh konten film menjadi tanggung jawab peserta atau pembuat.

Panitia berhak memublikasikan karya yang masuk nominasi di kanal Youtube NU Online. Film juara 1, 2, dan 3 ditentukan oleh hasil penilaian dewan juri. Sementara juara favorit (di luar juara 3) dinilai berdasarkan jumlah viewer (penonton), terhitung sejak 3-9 Agustus 2021.

Masing-masing kategori, baik dokumenter maupun fiksi, akan mendapatkan hadiah sebesar Rp10 juta untuk juara 1. Untuk juara 2, hadiah akan diberikan senilai Rp7 juta. Sementara juara 3, akan dihadiahi Rp5 juta. Juara favorit 1 mendapatkan hadiah Rp2 juta dan juara favorit 2 memperoleh Rp1 juta.

Untuk mengikuti kompetisi ini peserta dapat mengisi form pendaftaran Formulir Pendaftaran dengan mencantumkan tautan file film beserta thumbnail dalam google drive.

Di samping itu, karya juga bisa dikirim dengan format DVD dilengkapi form pendaftaran ke panitia Kompetisi Film NU Online, di Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) lantai 5, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat. Info lebih lanjut mengenai lomba ini dapat diakses melalui https://festival.nu.or.id atau narahubung di nomor WhatsApp 0895-2003-1926.

Perlombaan tersebut diadakan dengan semangat bahwa menjaga alam merupakan komitmen yang dimiliki Nahdlatul Ulama (NU). Dalam Musyawarah Nasional Nahdlatul Ulama 2019 di Banjar, Jawa Barat, pada 2019 lalu, NU menyoroti isu lingkungan salah satjnya mengenai sampah plastik yang menjadi persoalan dunia yang disebabkan oleh faktor industri dan rendahnya budaya masyarakat menyadari risiko bahaya sampah plastik.

Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Kendi Setiaw

Sumber : NU Online

__Terbit pada
16 Juni 2021
__Kategori
Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *