rambut putih

Rambut Mulai Beruban, Bolehkah Menyemirnya?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Maaf mau tanya ustad, rambut sy di semir hitam bagaimana hukumnya, kalau tidak boleh haruskah di gundul? Terimakasih sebelumnya. (Musa, 08595412xxxx)

Jawaban

Wa’alaikum Salam Wr. Wb

Rambut manusia memiliki berbagai macam warna alami seperti hitam, pirang maupun coklat. Sebagian dari mereka menyemirnya dengan warna-warni karena ingin memperindah atau karena uban yang muncul seiring usia senja.

Islam adalah agama yang mengatur setiap aspek kehidupan manusia, begitupun dalam hal berhias salah satunya yakni berhias dengan menyemir rambut. Bagaimanakah hukum menyemir rambut?

Dalam hal menyemir rambut dengan warna hitam para ulama sepakat mengharamkannya. Sebagaimana disebutkan dalam salah satu hadist bahwa ketika Rasulullah bertemu dengan Abi Quhafah pada saat penaklukan kota Makkah (Fathu Makkah) Rasulullah menyuruhnya untuk menyemir rambut dan jenggotnya dengan selain warna hitam.

Artinya: Dari Jabir bin Abdillah, ia berkata: pada hari Fathu Makkah Abi Quhafah dihadapkan kepada Rasulullah SAW. Sementara rambut dan jenggotnya berwarna putih seperti tanaman yang putih, maka Rasulullah bersabda: “ Rubahlah ini dengan sesuatu dan jauhi warna hitam.”

Di dalam kitab yang lain disebutkan bahwa: “diharamkan bagi wali menyemir rambut anak kecil walaupun perempuan dengan warna hitam karena termasuk merubah ciptaan Allah.” Dan hukum merubah ciptaan adalah haram.

Tetapi ada pengecualian bagi istri yang ingin mewarnai rambutnya dengan warna hitam, bila tujuannya karna ingin menyenangkan suaminya maka hukumnya boleh.

kalau sudah terlanjur menyemir rambut apakah harus di gundul?

Ya, harus digundul. dan Kalau semirnya sudah tidak ada bendanya / tinggal warna saja maka wudlu’ sah.

I’anah ath Thalibin, Jilid 1 Hal. 35 :

Wallohu a’lam.

__Terbit pada
1 Desember 2020
__Kategori
Fiqih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *