Resmi Berdiri, Pengelola BMTNU Cabang Tembelang Intensifkan Sosialisasi

NU Jombang Online,

Kantor Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) Cabang Tembelang, Kabupaten Jombang diresmikan, Ahad (20/6). Lembaga keuangan syariah ini beroperasi di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat.

Ketua BMTNU Cabang Tembelang, Farid menyampaikan, peresmian tersebut bukan berarti koperasi simpan pinjam yang berada di Jombang bagian utara ini baru hendak beroperasi. Melainkan empat hingga lima bulan sebelumnya, BMTNU ini sudah berjalan. Hal ini sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) BMTNU pusat bahwa cabang-cabang BMTNU harus memastikan kesiapannya sebelum akhirnya diresmikan.

“BMTNU Cabang Tembelang mulai beroperasi pada tanggal 19 Februari 2021 pada saat itu masih bertempat di Cabang Jombang Kota. Tepatnya pada tanggal 24 Mei 2021 mulai pindah ke MWCNU Tembelang dan beroperasi di tengah masyarakat NU Tembelang,” katanya.

Sebagai cabang BMTNU yang baru resmi berdiri, ia menyampaikan bahwa ada tantangan tersendiri bagi para pengelola, yakni upaya meyakinkan sekaligus mengajak masyarakat sekitar agar menjadi nasabah BMTNU, baik sekadar menabung maupun pembiayaan.

“Karena BMTNU masih asing bagi masyarakat Tembelang,” ungkapnya.

Kendati demikian, ia dan sejumlah pengelola yang lain sudah berkomitmen untuk selalu berikhtiar memperkenalkan BMTNU kepada masyarakat di berbagai kesempatan. Sehingga pada waktu yang tidak lama banyak warga yang sudah mulai melirik keberadaan BMTNU.

“Kami terus memperkenalkan BMTNU Jombang ke masyarakat lewat rutinan yasinan dan tahlilan para ranting serta Banom NU se-Kecamatan Tembelang,” ucapnya.

Menurutnya, sosialisasi di forum tersebut cukup efektif. Tidak sedikit masyarakat yang mulai bertanya-tanya kepada pengelola tentang tujuan dan manfaat dari BMTNU. Akhirnya sejak awal beroperasi ratusan juta sudah bisa dikumpulkan oleh pengelola bersumber dari dana warga sekitar.

“Alhamdulillah direspons positif dan mulai bergerak untuk nabung dan pembiayaan di BMTNU. Aset yang dimiliki cabang Tembelang sudah lebih dari 200 Juta. Dan potensi akan terus bertambah,” ujarnya.

Agar informasi tentang BMTNU kian cepat sampai di telinga masyarakat, Farid mengungkapkan belakangan ini sudah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, terutama dengan instansi NU di Tembelang, mulai dari tingkat MWCNU sendiri hingga Nahdliyin di level ranting.

“Dan kami akan terus hadir di setiap acara ranting NU dan Banom untuk memberitahukan keberadaan BMTNU. Kami juga berkerja sama dengan para takmir masjid untuk menitipkan kas masjid agar ditabung di BMTNU,” tuturnya.

Editor: Ahmad

Sumber : NU Jombang

__Terbit pada
22 Juni 2021
__Kategori
Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *