Kam. Sep 29th, 2022

Saat syukuran haji Ketua PC GP Ansor Kabupaten Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto (Kaji Antok), di KBIH Toriqul Jannah Mojongapit, Ahad (26/6/2022), Pengasuh PP Arrisalah Darul Ulum Rejoso, sekaligus Wakil Ketua PC GP Ansor Jombang, KH Rohmatul Akbar (Gus Bang) mengajak bersyukur.

Terutama karena kita digerakkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala bergabung dengan GP Ansor. “Sebab rezeki itu bukan hanya uang. Teman yang baik itu juga termasuk rezeki,” tuturnya.

Gus Bang lalu cerita ayahnya, almarhum KH Rifai Romly, yang sering memberi nasehat agar berteman dengan orang-orang baik. Karena teman yang baik kelak bisa menolong kita di akhirat.

“Teman yang baik itu tandanya tiga,” kata Gus Bang.

Pertama, ketika dilihat, membuat kita ingat Allah subhanahu wa ta’ala.

Rasulullah Muhammad sollallahu alaihi wa sallam bersabda; Para wali Allah SWT itu, orang-orang yang ketika kita melihat nya, membuat kita langsung ingat Allah subhanahu wa ta’ala.

“Saya kalau lihat sahabat Kaji Antok langsung ingat Allah SWT,” kata Gus Bang. Apalagi kalau lihat Gus Sina.

Kedua, tanda teman yang baik itu, omongan nya membuat kita bertambah ilmu. “Sak estu, Kaji Antok kalau ngomong, membuat saya bertambah ilmu,” ujar Gus Bang.

Ketiga, tanda teman yang baik itu, perilakunya membuat kita semangat ibadah.

Seperti dikatakan Syekh Ibnu Atoillah Assakandary dalam kitab Hikam. Ini juga sering dikutip Gus Dur. La tashab man la yunhiduka haluhu. Wala yadulluka alallahi maqolahu.

Jangan berteman dengan orang yang tingkahnya tidak membangkitkan semangat. Dan ucapan nya tidak menunjukkan mu kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

“Saya kalau lihat sahabat Sukri selalu ingat ibadah,” kata Gus Bang disambut tawa hadirin.

Baca Juga  Kriteria Anak Yang menjadi Investasi Akherat

Mugi Allah subhanahu wa ta’ala paring kita termasuk teman yang baik bagi siapa saja..

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.