Mbah Sholeh

SHALAT YANG DIDAHULUKAN SAAT JAMAK

Saat ngaji dalam Lailatul Ijtima Ranting NU Candimulyo edisi 188 di Masjid Arrohman Perum Pondok Candi Indah, Kamis (11/11/2021), ada jamaah yang tanya.

Kiai, pada saat salat jamak, yang didahulukan itu salat yang awal atau yang akhir?

Wakil Rois Syuriyah PCNU Jombang, KH Muhammad Soleh, menjawab tegas. “Kalau salat jamak takdim, maka wajib mendahulukan salat yang awal,” tuturnya.

Misalnya, jamak takdim Duhur dan Asar di waktu Duhur. Maka wajib mendahulukan salat Duhur. Setelah salam, langsung berdiri salat Asar.

Demikian pula jika jamak takdim Magrib dan Isya dilaksanakan di waktu Magrib. Maka wajib mendahulukan salat Magrib. Setelah salam, langsung berdiri salat Isya.

“Kalau jamak takhir, boleh mendahulukan salat yang awal, boleh mendahulukan yang akhir,” urainya.

Misalnya, jamak Duhur dan Asar di waktu Asar. Maka boleh melaksanakan salat Duhur dulu. Boleh Asar dulu.

Jamak Magrib dan Isya di waktu Isya. Maka boleh Magrib dulu. Boleh Isya dulu.

KH Khairil Anam Denanyar pernah menjelaskan dawuh Rasulullah Muhammad sollallahu alaihi wa sallam. Bahwa syariat salat Jamak dan Qosor termasuk suguhan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Sekaligus kemurahan Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Sehingga kalau kita menempuh perjalanan untuk kebaikan dengan jarak lebih dari 85 kilometer, sebaiknya melaksanakan salat Jamak dan Qosor.

Diniati menyantap suguhan yang diberikan Allah subhanahu wa ta’ala.

Soal suguhan dari Allah subhanahu wa ta’ala ini, pakar tafsir Quran Pesantren Tebuireng, Dr KH Ahmad Mustain Syafi’ie Alhafid, juga pernah menyampaikan. Bahwa air zam-zam adalah suguhan dari Allah subhanahu wa ta’ala untuk para tamunya yang menunaikan ibadah haji dan umroh.

Maka kalau sedang di tanah suci, sebaiknya hanya minum air zam-zam. Tidak tolah-toleh golek es dawet, es janggelan maupun es degan.. hehehe

Mugi Allah subhanahu wa ta’ala paring kita saget ngelampahi

__Terbit pada
20 November 2021
__Kategori
Fiqih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *